• Rabu, 30 November 2022

Ngalu Roga dan Imajinasi Tentang Pembangunan

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 07:20 WIB
Ngalu Roga. (Foto: Niko Loy)
Ngalu Roga. (Foto: Niko Loy)

NGALU ROGA, suluhdesa.com | Namanya Ngalu Roga, tetapi lebih dikenal dengan nama Tanjung Bendera. Letaknya di wilayah Kabupaten Manggarai Timur, Flores, NTT. Tanjung berselimut rumput sabana ini dulu disebut Ngalu (Tanjung) Roga oleh orang-orang di sekitar teluk Aimere. Nama Ngalu Roga merujuk pada siapa pemilik tanah luas ini. Mereka adalah orang-orang Roga atau Rongga di Manggarai Timur. Perubahan menjadi Tanjung Bendera tidak diketahui sejarahnya.

Tanjung ini milik orang Manggarai Timur, tetapi narasi tentangnya ada juga sejarah lokal orang Ngada. Dalam legenda migrasi, muara sungai Wae Mokel, di sisi timur Ngalu Roga adalah tempat pendaratan leluhur orang Ngada. Konon, mereka datang Sina One (China Dalam), menyinggahi Jawa, ke Raba (Bima), kemudian ke Wio (Sumba), terakhir lego jangkar tak jauh dari sabana indah ini.

Tanjung ini juga menjadi satu nodal penting dalam orientasi spasial orang Ngada. Ia adalah tempat matahari padam dan menandai akhir hari. Juga akhir hidup dalam persepsi kolektif orang Ngada. Leza da mese gha zale ngalu roga (Matahari sudah terbenam di Ngalu Roga) adalah ungkapan yang menandai putus napas seseorang. Hidup fisik berpindah ke hidup tak fisik pasca kematian.

Selain itu, dalam narasi lama orang pesisir selatan Ngada, Ngalu Roga merupakan ruang asing. Sesuatu yang jauh dan agak bersifat mistis. Padang rumput ini disebut sebagai tempat ‘dora’, sejenis ‘penyamun’ lokal, tinggal.

Narasi ini mungkin muncul karena tanah menjorok ini terasa begitu dekat dan tetapi juga jauh kalau dipandang dari Teluk Aimere. Jalur jalan darat saat itu belum ada. Bisa juga, imajinasi timbul dari efek optik. Saat memandang tanjung ini di terik siang, padang terlihat seperti bergerak bergelombang. Kapal-kapal dari barat, tiba-tiba dari muncul dari balik tanjung. Timbul dari sebuah dunia lain, dunia di balik Ngalu Roga.

Baca Juga: Kebangkitan Sepakbola Manggarai

Citra mistis, tempat spirit, tempat penyamun selama puluhan tahun menjaga sustainabilitas ekosistem pantai di tempat ini. Berbeda dengan sekarang, pantai di sekita Ngalu roga jarang didatangi. Tekanan terhadap lingkungan rendah. Karena itu, pada saat itu siput, kerang dan ikan berkembang dengan baik.

Berdiri di Ngalu Roga dan Mengijaminasikan Bandara

Akhir-akhir ini Ngalu roga atau Tanjung Bendera menjadi salah tujuan wisata. Lanskap sabananya memang ciamik. Jika punya lensa lebar, keindahan teluk Aimere dengan latar Inerie yang agung dapat anda jebak dalam kamera. Jika beruntung, sekawanan kerbau dan kuda dapat melengkapi keindahan foto-foto anda. Sementara semakin banyak foto sabana indah ini menginvasi instagram, pantai Ngalu Roga dinvasi sampah plastik.

Halaman:

Editor: Frids Wawo Lado

Tags

Terkini

Ngalu Roga dan Imajinasi Tentang Pembangunan

Selasa, 4 Oktober 2022 | 07:20 WIB

Jejak Portugis di Paga

Selasa, 2 Agustus 2022 | 22:23 WIB

Bank NTT Bantu Pembangunan Gereja GMIT Kharisma Penfui

Jumat, 11 Februari 2022 | 01:18 WIB
X