Menguak Peta Kekuatan Ketiga Calon Presiden 2024 di Sumatera Utara

- Sabtu, 29 April 2023 | 17:45 WIB
Munculnya Nama Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo sebagai Bacapres, Bagaimana Pengaruhnya di Bangka Belitung? (Foto Tribuntimur.com)
Munculnya Nama Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo sebagai Bacapres, Bagaimana Pengaruhnya di Bangka Belitung? (Foto Tribuntimur.com)

REGIONAL, suluhdesa.com | Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 akan menjadi pertarungan ketat antara tiga Capres yang sudah diumumkan oleh masing-masing partai.

Mereka adalah Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Rasyid Baswedan. Namun, bagaimana peta kekuatan ketiganya di Sumatera Utara (Sumut)?

Pendukung Anies Lebih Awal Terbentuk di Sumut

Menurut pengamat politik dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Shohibul Anshor, Anies Rasyid Baswedan sudah mendapat dukungan di Sumut lebih dini dibanding dua Capres lain, Prabowo dan Ganjar.

Shohibul mengatakan bahwa relawan Anies yang sudah terbentuk di Sumut tidak mencerminkan kekuatan parpol yang ada saat ini.

Sebagian besar dari mereka berasal dari komunitas pendukung Prabowo-Sandi, ditambah dengan sedikit pendukung Jokowi-Ma’aruf pada Pilpres tahun 2019 lalu.

Menurutnya, pendukung independen (non-partai) Anies merupakan cerminan yang jauh lebih besar dan lebih ideal dari peta oposisi kepartaian Indonesia saat ini.

Dengan kata lain, jika oposisi Indonesia menurut peta kepartaian adalah gabungan PKS dan Partai Demokrat, maka pendukung ARB jauh melampaui persentase jumlah itu.

Geliat Dukungan untuk Ganjar Pranowo di Sumut

Setelah pengumuman pencapresan Ganjar Pranowo oleh PDI Perjuangan belum lama ini, terlihat geliat dukungan yang lebih bergairah di Sumatera Utara.

Namun, hal itu belum menunjukkan peluang melampaui komunitas pendukung Jokowi-Ma’aruf pada Pilpres 2019.

Shohibul mengatakan bahwa cukup banyak even di Sumatera Utara yang diselenggarakan untuk mendorong pencapresan Ganjar sambil secara politik terasa ingin memberi pesan khusus untuk “menekan” Megawati agar segera menetapkan pencapresan Ganjar.

Namun dia menilai, spanduk dan baliho Ganjar jauh lebih meriah dibanding kehadiran audiens yang ditargetkan, meski akhirnya banyak beca bermotor yang kemudian dipasangi gambar Ganjar.

Anies vs Ganjar: Karakteristik Pendukung Berbeda

Pendukung independen Anies Rasyid Baswedan di Sumatera Utara memiliki karakteristik yang jauh berbeda dengan pendukung Ganjar Pranowo dari PDIP.

Halaman:

Editor: Giorgio Babo Moggi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X