• Selasa, 27 September 2022

Webinar Simulation Exercises: PNS Wajib Tahu 9 Simulasi Metode Assessment Center, Mana Yang Terbaik?

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 23:29 WIB
Peserta webinar by zoom (AC NTT)
Peserta webinar by zoom (AC NTT)

KUPANG, suluhdesa.com | Assessment Center adalah satu-satunya metode yang memiliki akurasi penilaian terbaik saat ini. Berbicara metode, maka kita tidak bisa pisahkan dengan apa yang disebut dengan simulasi.

Dalam prakteknya, masih banyak orang yang salah kaprah atau salah paham soal simulasi.

George C. Thorton III dan Debora Rupp adalah dedengkotnya assessment center. Meminjam bahasanya Wilfridus M. Kako Nono, narasumber webinar bedah karya terjemahan Simulation Exercises yang dilaksanakan secara daring, Kamis (11/08/2022), mereka adalah legend-nya metode assessment center. 

Kepakarannya di bidang ini (penilaian kompetensi, red) tak perlu diragukan lagi dan karya mereka selalu menjadi rujukan implementasi penilaian kompetensi berbasis metode assessment center. 

Wilfrid berhasil menerjemahkan salah satu bab dari buku berjudul Assessment Centers in Human Resource Management Strategies for Prediction, Diagnosis, and Development. 

Pembedah 1, Zul Sweison Amran, ST, MA, mengatakan  Wilfrid berhasil menyadur tanpa mengubah esensi dari buku tersebut.

Baca Juga: IASA Gandeng Assessment Center BKD Provinsi NTT Gelar Webinar Bedah Karya Terjemahan Simulation Exercises

Hal yang pertama, sebelum melangkah menguliti bab tersebut, Wilfrid mengajak peserta untuk membangun kesepahaman tentang simulasi

“Apa itu simulasi saya merasa penting untuk menyampaikan ini di awal supaya kita punya kesamaan pemahaman atau persepsi,” katanya.

Mengutip dari buku tersebut,  Wilfrid mengatakan simulasi merupakan situasi yang memunculkan stimuli yang kompleks dan menuntut respon yang kompleks pula. 

Halaman:

Editor: Giorgio Babo Moggi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X