• Selasa, 31 Januari 2023

Padma Indonesia Desak KPK RI Perhatikan Hak-Hak Lukas Enembe yang Tidak Sakit Pura-pura

- Senin, 23 Januari 2023 | 14:00 WIB
Gubernur Papua Lukas Enembe ditangkap  Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Selasa, 10 Januari 2023 - 12:32 WIB Judul Artikel : Gubernur Papua Lukas Enembe Ditangkap KPK.
Gubernur Papua Lukas Enembe ditangkap Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Selasa, 10 Januari 2023 - 12:32 WIB Judul Artikel : Gubernur Papua Lukas Enembe Ditangkap KPK.

JAKARTA, suluhdesa.com | Upaya luar biasa Ibu Enembe, anak-anak, dan Keluarga Besar Gubernur Papua Lukas Enembe untuk bertemu dan memastikan kondisi kesehatan Bapak Lukas Enembe langsung diabaikan KPK RI.

Lebih miris lagi saat Jumat, 20 Januari 2023 berkunjung ke Rumah Sakit Umum Angkatan Darat Gatot Subroto dihalang-halangi oknum KPK RI dan aparat keamanan yang menjaga ruangan di mana Bapak Lukas Enembe dirawat.

Setelah ngotot baru diperkenankan hanya bertemu dokter dan Ibu Enembe bersama adiknya hanya berdoa sembari menangis dari balik jendela saja, mereka tidak diizinkan bertemu langsung beliau.

Hal ini diungkapkan Ketua Dewan Pembina Hukum dan HAM Padma Indonesia Gabriel Goa kepada media ini, Senin (23/01/2023) siang.

Menurut Goa, Ibu Enembe menolak menandatangani apa yang sudah dilakukan Tim Kedokteran RSPAD Gatot Subroto bersama KPK RI.

Baca Juga: Gabriel Goa: Pemberian Piagam untuk Eks Pejuang Timor-Timur Tidak Tepat

"Karena selama sepuluh hari Ibu Enembe dan keluarga tidak mengetahui apa yang sudah dilakukan.Tim Medis dan pihak KPK RI terkait kesehatan Gubernur Papua Lukas Enembe," kata Goa.

Berdasarkan UU Kedokteran Nomor 29 Tahun 2004 tentang Kedokteran, Goa mengingatkan bahwa, pertama, pasal 17 ayat 2 menyatakan bahwa, "saya bersumpah/berjanji bahwa saya senantiasa akan menjalankan tugas dan wewenang saya ini dengan sungguh-sungguh, saksama, obyektif, jujur, berani, adil, tidak membeda-bedakan jabatan, suku, agama, ras, gender, dan golongan tertentu dan akan melaksanakan kewajiban saya dengan sebaik-baiknya serta bertanggung jawab sepenuhnya kepada Tuhan Yang Maha Esa, masyarakat, bangsa, dan negara."

Ketua Koalisi Masyarakat Pemberantasan Korupsi (Kompak) Indonesia, Gabriel Goa. (Foto Istimewa)

Halaman:

Editor: Frids Wawo Lado

Tags

Terkini

Kabar Gembira Untuk ASN, Bye-Bye Angka Kredit

Jumat, 27 Januari 2023 | 21:38 WIB
X