• Selasa, 31 Januari 2023

Didampingi PJ Gubernur Jakarta dan Menteri PUPR, Jokowi Tinjau Proyek Sodetan Ciliwung

- Selasa, 24 Januari 2023 | 22:45 WIB
Presiden Joko Widodo Didampingi PJ Gubernur DKI Jakarta dan Menteri PUPR
Presiden Joko Widodo Didampingi PJ Gubernur DKI Jakarta dan Menteri PUPR

JAKARTA, suluhdesa.com- Didampingi Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pembangunan sodetan Ciliwung, Jakarta Timur, Selasa (24/1/2023).

Adapun peninjauan itu dilakukan di tiga titik yakni Jalan Otista (inlet Kali Ciliwung), Jalan Otista III (arriving shaft/titik pertemuan), dan KBT sisi belakang kampus Trisakti (outlet).

Menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi) sodetan Kali Ciliwung memiliki daya tampung air yang sangat besar yang olehnya dapat mengurangi banjir di Jakarta.

"Sungai Ciliwung kalau sudah dibuka siaga 4 itu akan mengurangi 33 meter kubik per detik. Gede banget. Kemudian kalau pada siaga 1, 63 meter kubik per detik. Gede sekali. Terowongan ini salurannya ini 3,2 meter, dua, kanan 3,2 meter, kiri terowongannya 3,25 meter. Sepanjang 1,3 kilometer. Itu sangat, kalau nanti sudah berfungsi sangat mengurangi banjir yang ada di Jakarta," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan penanganan banjir di Jakarta harus dilakukan dari hulu ke hilir. Untuk itu, proyek Sodetan Ciliwung yang sudah berhenti 6 tahun dipastikan dapat harus rampung pada April karena membantu mengurangi banjir di jakarta setelah Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi di bagian hulu.

"Di hulu udah kemarin selesai dibangun Bendungan Ciawi kemudian Bendungan Sukamahi. Di bawah udah sampai Jakarta masih ada masalah, sekarang sebentar lagi akan selesai ini April, insya Allah udah selesai, Sodetan Ciliwung yang sudah berhenti enam tahun," tutur Jokowi.***

Editor: Angelomestius Berno Laba Lejap

Tags

Terkini

Kabar Gembira Untuk ASN, Bye-Bye Angka Kredit

Jumat, 27 Januari 2023 | 21:38 WIB
X