• Selasa, 31 Januari 2023

KUHP Bukan untuk Melindungi Presiden Jokowi, Mahfud MD: Sesuatu Yang Tidak Penting Baginya Pribadi

- Selasa, 24 Januari 2023 | 19:25 WIB
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD. (Foto: Istimewa)
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, suluhdesa.com | Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, memastikan bahwa Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) baru akan diimplementasikan pada 2026.

Pernyataan Mahfud ini sekaligus membantah kritikan bahwa KUHP baru, disahkan untuk melindungi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Nyatanya, KUHP tersebut baru akan diimplementasikan ketika Jokowi sudah tidak lagi menjabat sebagai Presiden RI.

Hal itu diungkapkan Mahfud saat Sosialisasi KUHP bertajuk "Kenduri KUHP Nasional" yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) di Gedung Prof. Soedarto SH, Universitas Diponegoro Semarang, Jawa Tengah, Selasa (24/01/2023).

"Ada yang mengkritik masalah kebebasan berekpresi. Kebebasan menyatakan pendapat. Kebebasan menulis berita, dan masalah ancaman pidana bagi orang yang menghina kepala negara," kata Mahfud dalam rilis yang diterima media ini, Selasa (24/01/2023) malam.

Baca Juga: Tiga Tokoh Nasional dan Seorang Tokoh Daerah Dari Sikka, Sebuah Testimoni Untuk Frans Seda, Sentis, dan Say

Terkait hal itu, jelas Mahfud, ada dua hal yang perlu digarisbawahi.

Pertama, sejak dulu ketentuan hukum pidana, untuk orang yang menghina dan memfitnah presiden, sudah ada hukum pidananya.

Kedua, jelas dia, jika hal itu ditujukan kepada Presiden Jokowi, KUHP baru itu justru tidak berlaku untuk Presiden Jokowi. Hal ini dikarenakan KUHP baru diimplementasikan tiga tahun lagi atau 2026.

"Sedangkan Presiden Joko Widodo sudah akan berakhir masa jabatannya pada 20 Oktober 2024," jelas dia.

Halaman:

Editor: Frids Wawo Lado

Tags

Terkini

Kabar Gembira Untuk ASN, Bye-Bye Angka Kredit

Jumat, 27 Januari 2023 | 21:38 WIB
X