• Selasa, 27 September 2022

Model Seminari Diaspora Regio Timor, Wujud Kebangkitan Seminari Mataloko Pasca Pendemi Covid-10

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 23:31 WIB
Kapela Seminari Mataloko Ngada (Seminari Mataloko)
Kapela Seminari Mataloko Ngada (Seminari Mataloko)

KUPANG, suluhdesa.com | Sebuah produk sendal era 90-an yang terkenal, New Era, menjadi trend fashion pada jaman itu. 

Kata new era kembali populer ketika pandemi Covid-19 merebak di seluruh dunia meskipun dalam terminologi berbeda, kurang lebih new era dan new normal memiliki makna hampir sama.

Dampak dari Covid-19, manusia diperhadapkan pada situasi baru dan norma-norma baru. Norma yang menyesesuaikan dengan situasi dunia, mulai dari atanan kehidupan manusia dalam pelbagai aspek seperti dunia pendidikan dan dunia kerja.

Seminari St. Yohanes Berchmans Todabelu, Mataloko, Ngada, sebagai lembaga pendidikan calon imam menghadapi situasi serupa. Pola pembelajaran tatap muka lalu berganti pola pembelajaran online. 

Persoalan yang dihadapi bukan soal transfer pengetahuan (transfer knowledge) dari guru ke seminaris serta umpan baliknya, melainkan bagaimana menerapkan pendidikan nilai yang mengandung unsur pedagogis seperti yang dilakukan seminari sebelum pandemi Covid-19.

Dengan lain kata, bagaimana membawa “suasana seminari” ke rumah siswa masing-masing?

Bertolak dari masalah ini, Seminari Mataloko mengambil langkah-langkah strategis dengan melibatkan orang tua dan pastor paroki.

Alasannya, sebagaimana disampaikan oleh Romo Kris Saku pada pertemuan pertama orang tua/wali dan siswa, Sabtu, (11/07/2020), perjalanan seseorang menjadi imam melalui proses dan lembaga pendidikan.

Menurut Romo Kris, seorang anak melalui kesaksian atau pengamatan terhadap pastor lalu menariknya ke dalam sebuah panggilan, masuk seminari dan berproses melalui pendidikan bertahun-tahun lamanya.

Seminari bukan satu-satunya lembaga pendidikan calon imam. Sering ada ungkapan yang mengatakan rumah (baca: keluarga) adalah seminari kecil.

Halaman:

Editor: Giorgio Babo Moggi

Sumber: gkatolik.com

Tags

Terkini

Membangun Desa ala Mahasiswa IMAN

Rabu, 20 Juli 2022 | 12:51 WIB

Mengenal Konsep Ruang dan Waktu

Jumat, 8 Juli 2022 | 23:53 WIB

Filsafat Sebagai Jalan Membangun Relasi Sosial

Jumat, 18 Maret 2022 | 02:41 WIB

FILSAFAT PANCASILA SEBAGAI IDENTITAS NEGARA

Senin, 7 Maret 2022 | 01:36 WIB

Terpopuler

X