• Rabu, 30 November 2022

Terobos Jalan Sunyi Literasi, Cakrawala NTT Gandeng Duta Baca Indonesia

- Rabu, 23 November 2022 | 19:24 WIB
Guna memperkuat sinergitas-kolaborasi sebagai dasar pergerakan, Cakrawala NTT menggandeng Duta Baca Indonesia, Gol A Gong.
Guna memperkuat sinergitas-kolaborasi sebagai dasar pergerakan, Cakrawala NTT menggandeng Duta Baca Indonesia, Gol A Gong.

KUPANG, suluhdesa.com | Guna memperkuat sinergitas-kolaborasi sebagai dasar pergerakan, Cakrawala NTT menggandeng Duta Baca Indonesia, Gol A Gong, dalam meningkatkan budaya literasi dan mutu pendidikan di Wilayah NTT.

Hal itu disampaikan oleh Pimpinan Umum Cakrawala NTT, Gusty Rikarno, saat menggelar kegiatan Workshop Literasi Bagi Guru dan Peserta Didik Tingkat SMA/SMK dan SLB se-Kabupaten Rote Ndao
pada bulan Mei 2022 lalu.

Penguatan sinergitas-kolaborasi bersama Duta Baca
Indonesia tersebut, menurut Gusty, dapat menerobos jalan sunyi literasi di Wilayah NTT yang membutuhkan energi besar.

Baca Juga: Eksis di Edisi ke 100, Media Cakrawala NTT Fokus Pada Isu Pembangunan SDM

“Saat ini terdapat sebuah budaya tutur yang mendaging sehingga selalu melemahkan budaya membaca dan menulis di kalangan masyarakat. Menghadirkan Duta Baca Indonesia adalah salah satu cara untuk memberikan motivasi agar para guru dan peserta didik bisa memiliki kebiasaan membaca sekaligus keterampilan menulis,” ujar Gusty dalam rilis resmi yang diterima media ini Rabu (23/11/2022) siang.

“Sebagai media pendidikan yang fokus benar di jalan literasi, kami melihat nafas sinergitas dan kolaborasi menjadi kunci utama agar budaya literasi bertumbuh subur di tengah masyarakat. Kita hadirkan Mas Gol A Gong karena menurut saya, beliau adalah contoh nyata dari seorang yang bisa 'sehat' dan hebat dari kebiasaan membaca dan menulis,” ungkap Gusty.

Sementara itu, Duta Baca Indonesia, Gol A Gong, menyatakan rasa kagum dan bangganya atas komitmen dan kesetiaan pihak Cakrawala NTT dalam menerobos jalan sunyi literasi melalui cara yang luar biasa.

Membangun sinergitas dan kolaborasi dengan semua pihak, sambungnya, adalah upaya terbaik untuk mengakarkan budaya literasi di Provinsi NTT.

“Saya memiliki komunitas literasi namanya 'Rumah Dunia'. Kami telah menandatangani kesepakatan kerja sama dengan pihak Cakrawala NTT untuk bergerak bersama menerobos jalan sunyi literasi di daerah ini. Semoga kita bisa saling berbagi dan menimba manfaat dari pertemuan luar biasa ini,” ujar Gol A Gong yang juga merupakan penulis buku “Balada Si Roy” saat berpartisipasi dalam Workshop Literasi bersama Cakrawala NTT beberapa waktu yang lalu.

Halaman:

Editor: Redaksi Suluh Desa

Tags

Terkini

Membangun Desa ala Mahasiswa IMAN

Rabu, 20 Juli 2022 | 12:51 WIB
X