• Selasa, 31 Januari 2023

Rayakan HUT ke-9, Cakrawala NTT Latih Menulis bagi Ratusan Guru di TTU

- Sabtu, 26 November 2022 | 05:36 WIB
Pada hari Rabu (23/11/2022), Cakrawala NTT resmi menginjak usia ke-9 tahun. Pada kesempatan ini, tim Cakrawala NTT mendampingi ratusan guru di TTU dalam kegiatan latihan menulis. (Redaksi Suluh Desa)
Pada hari Rabu (23/11/2022), Cakrawala NTT resmi menginjak usia ke-9 tahun. Pada kesempatan ini, tim Cakrawala NTT mendampingi ratusan guru di TTU dalam kegiatan latihan menulis. (Redaksi Suluh Desa)

KEFAMENANU, suluhdesa.com | Pada hari Rabu (23/11/2022), Cakrawala NTT resmi menginjak usia ke-9 tahun. Banyak hal yang telah dilalui oleh Cakrawala NTT selama 9 tahun berjalan ini. Lika-liku perjalanan yang manis tersebut tentunya harus dimaknai dengan cara yang elegan, berkualitas, dan inovatif.

Hal itu sesuai dengan ungkapan Filsuf Socrates (469 SM-399 SM), yakni hidup
yang tidak direfleksikan tidak layak untuk dihidupi. Artinya, hidup yang berjalan dengan
berbagai realitas dan pengalaman di dalamnya harus dilihat kembali dan dinilai guna meraih
kebijaksanaan atas apa yang dilihat, dialami, dan telah terjadi.

Atas dasar itu, maka untuk memaknai Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-9, Cakrawala NTT
bersama Dinas Pendidikan, Kepemuda, dan Olahraga (PKO) Kabupaten Timor Tengah
Utara (TTU) menggelar kegiatan pendampingan menulis bagi ratusan guru jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kabupaten TTU.

Baca Juga: Gubernur NTT: Pengembangan Hutan Energi Harus Direalisasikan

Kegiatan yang dikemas dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tersebut dibuka secara resmi oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PKO Kabupaten TTU, Drs. Raymundus Aluman, didampingi Koordinator Pengawas (Korwas) SD dan SMP Kabupaten TTU, Jacobus Nailiu.

Kegiatan tersebut berlangsung di dua tempat yang berbeda, yakni SDK Leob dan SDN
Kenari, dengan masing-masing jumlah peserta sebanyak 100 orang guru. Pantauan media ini, pada pembukaan di SDK Leob, Plt Kadis PKO Kabupaten TTU, Raymundus, memberikan
apresiasi bagi terselenggaranya kegiatan Bimtek Penyusunan PTK tersebut.

Menurut Raymundus, kegiatan pendampingan menulis hingga mampu menghasilkan karya tulis yang berkualitas merupakan salah satu inovasi positif di dunia pendidikan.

Untuk itu, terangnya, kegiatan tersebut merupakan kesempatan pendampingan kedua, setelah para guru berhasil menerbitkan buku antologi artikel ilmiah pada tahun 2021 lalu.

“Ini adalah momen kedua kita bersama Cakrawala NTT. Tahun lalu, kita sudah melakukan pendampingan menulis bagi para guru dan berhasil menerbitkan buku antologi artikel ilmiah. Menurut saya, ini adalah sebuah inovasi dalam dunia pendidikan, sebab jalannya proses pendidikan harus didokumentasikan secara baik, termasuk melalui karya tulis, agar bisa menjadi pembelajaran dan acuan untuk melakukan perubahan. Untuk itu, harapan saya,
semoga melalui kegiatan ini, Cakrawala NTT bisa mendampingi para guru agar dapat
menyusun dan menghasilkan PTK yang baik,” ungkap Raymundus.

Halaman:

Editor: Redaksi Suluh Desa

Tags

Terkini

X