• Rabu, 30 November 2022

Arnoldus Wea: Pelibatan Masyarakat dalam Menyusun Kebijakan Publik Tak Bisa Ditawar Lagi

- Rabu, 12 Oktober 2022 | 23:36 WIB
Tokoh muda asal Provinsi Nusa Tenggara Timur, Arnoldus Wea (Foto: Istimewa)
Tokoh muda asal Provinsi Nusa Tenggara Timur, Arnoldus Wea (Foto: Istimewa)

 

JAKARTA, suluhdesa.com | Hetifah Sjaifudian, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Fraksi Partai Golkar memberikan kuliah umum terkait ‘Kebijakan Publik’ dalam pelatihan untuk anak-anak muda yang diselenggarakan oleh Golkar Institute, di Gedung Nusantara II, DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (12/10/2022).

Baca Juga: Rusia dan Ukraina Masih Berperang, Begini Pandangan Arnoldus Wea

Dalam pelatihan “Executive Education Program for Young Political Leaders”, Hetifah menekankan bahwa komponen paling utama dan terpenting dalam pembuatan kebijakan publik adalah masyarakat.

“Komponen paling utama dan terpenting dalam pengambil kebijakan adalah masyarakat. Mendengar serapan aspirasi masyarakat yang tinggal di pusat kota sampai daerah, ini sesuai dengan amanat perundang-undangan," ungkap Hetifah.

Menurut legislator perempuan lulusan National University of Singapore (NUS) ini, aspirasi masyarakat harus diserap dengan jangkauan seluas-luasnya sehingga seluruh lapisan masyarakat dapat tergapai.

“Peran aspirasi masyarakat dalam kebijakan publik adalah yang paling utama, walaupun terkadang ada kelemahan dan kendala dalam menangkap partisipasi aspirasi masyarakat, ini yang harus menjadi perhatian dan terus diperbaiki agar seluruh aspirasi dapat terserap dengan baik," ujarnya.

Hetifah yang juga Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar menyampaikan bahwa media sosial merupakan salah satu platform yang mempermudah dalam menyerap aspirasi masyarakat, pada saat ini.

“Untuk menyerap aspirasi kita membutuhkan akses, salah satu akses yang mempermudah untuk menyerap aspirasi masyarakat yaitu dengan media sosial sehingga dengan ini kita bisa mendapatkan informasi yang lebih up-to-date dengan mencakup jangkauan luas," terangnya.

Halaman:

Editor: Frids Wawo Lado

Tags

Terkini

Terkait Tragedi Kanjuruhan, Ini Kata AHY

Senin, 14 November 2022 | 13:26 WIB
X