• Selasa, 26 September 2023

Launching Festival Kopi Lembah Colol, Pemkab Matim Bersama Pentahelix Terus Tumbuhkan Pariwisata Daerah

- Rabu, 7 Juni 2023 | 11:58 WIB
Launching dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai Timur, Ir. Boni Hasudungan dan dihadiri oleh berbagai pihak, baik Pimpinan Perangkat Daerah, Para Camat, Kepala Desa, Private sector (Bank, Koperasi, Lembaga Sosial), Pers, TNI, POLRI dan berbagai elemen masyarakat dari Kawasan Lembah Colol
Launching dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai Timur, Ir. Boni Hasudungan dan dihadiri oleh berbagai pihak, baik Pimpinan Perangkat Daerah, Para Camat, Kepala Desa, Private sector (Bank, Koperasi, Lembaga Sosial), Pers, TNI, POLRI dan berbagai elemen masyarakat dari Kawasan Lembah Colol

MANGGARAI TIMUR, suluhdesa.com | Kiat Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Timur bersama seluruh elemen masyarakat (Pentahelix) untuk terus menumbuhkembangkan potensi pariwisata daerah telah dan sedang dilakukan.

Kekuatan daerah dari berbagai aspek sumber daya, baik alam, budaya, buatan/karya, sosio-kultural maupun human capital menjadi indikator utama untuk mengubah keunggulan komparatif menjadi lebih kompetitif sehingga mampu memberikan nilai tambah (value) terhadap kesejahteraan masyarakat dan keberlanjutan sumberdaya itu sendiri.

Selain itu peluang berupa posisi strategis Kabupaten Manggarai Timur sebagai salah satu daerah penyangga Destinasi Super Prioritas (DSP) Labuan Bajo, harus dimaksimalkan agar mampu menciptakan episentrum-episentrum baru pariwisata daerah dan kemudian mampu menggerakkan masyarakat sebagai subyek pembangunan dalam kerangka pemberdayaan.

Baca Juga: Untuk Tampilan Wajahmu Selalu Segar Tiap Hari, Yuk Gunakan 4 Jenis Bedak Ini Setiap akan Keluar Rumah

Salah satu kiat yang dilakukan adalah pengembangan Kawasan Lembah Colol sebagai destinasi pariwisata baru Kabupaten Manggarai Timur. Kebijakan inipun telah diimplementasikan sejak tahun 2020 sejalan dengan penetapan Colol sebagai Desa Wisata dan desa-desa sekitar sebagai bagian dari Kawasan Lembah Colol.

Perjalanan pengelolaan dan pengembangan inipun harus seiring dengan strategi pemasaran potensi sehingga mampu memberikan brand tersendiri dan posisi tawar (bargaining position) terhadap kawasan ini.

Gagasan ini kemudian dijalankan melalui strategi pemasaran dalam konsep "Festival Kopi Lembah Colol" yang persiapannya telah dilakukan jauh-jauh hari dengan melibatkan multipihak dan hari ini bertempat di Pusat Pemerintahan Kabupaten Manggarai Timur (Lehong), dilaksanakan Launching Festival Kopi Lembah Colol.

Adapun acara Launching dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai Timur, Ir. Boni Hasudungan dan dihadiri oleh berbagai pihak, baik Pimpinan Perangkat Daerah, Para Camat, Kepala Desa, Private sector (Bank, Koperasi, Lembaga Sosial), Pers, TNI, POLRI dan berbagai elemen masyarakat dari Kawasan Lembah Colol, di Borong, Selasa (06/06/2023).

Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai Timur dalam sambutannya menyampaikan harapannya akan partisipasi dan kerjasama berbagai pihak untuk bersama mendukung kesuksesan festival serta komitmen yang kuat untuk membangun Kabupaten Manggarai Timur sesuai dengan tugasnya masing-masing.

"Kita terpanggil untuk melayani masyarakat dan membangun daerah ini, oleh karena itu kerjasama kita, kolaborasi dan partisipasi kita semua, sangatlah diharapkan. Festival Kopi Lembah Colol ini harus sukses, ini komitmen kita bersama untuk mewujudkan pengembangan pariwisata daerah" ungkap Sekda Boni.

Pada kesempatan yang sama, Kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Timur, Rofinus Hibur Hijau, M.Pd. menyampaikan gambaran umum pelaksanaan Festival Kopi Lembah Colol yang akan dilaksanakan selama 3 (hari), 13 s/d 15 Juni 2023.

"Launching hari ini, mau memberi tahu kepada kita semua akan kesiapan pelaksanaan festival yang sudah kita semua lakukan sekaligus memberikan gambaran terkait point-point penting yang akan kita lakukan nanti di Kawasan Lembah Colol. Festival ini merupakan hasil gagasan bersama dan kerja bersama multipihak, yang tentunya dalam nada yang sama mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan berbagai potensi daerah dan pemberdayaan masyarakat" jelas Kadis Rofin.

Mari bersama kita dukung pembangunan daerah ini, menuju Kabupaten Manggarai Timur yang sejahtera, berdaya dan berbudaya. Bersama kita melangkah lebih cepat. ***

Ikuti kami untuk membaca berita lainnya di GOOGLE NEWS

Halaman:

Editor: Frids Wawo Lado

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X