• Rabu, 30 November 2022

Membuka Kegiatan Assessment, Wakil Bupati Sumba Tengah: Pemimpin Harus Cerdas, Kreatif, dan Inovatif

- Sabtu, 24 September 2022 | 17:12 WIB
Wakil Bupati Sumba Tengah Ir. Daniel Landa berpose dengan Sekretaris Daerah, Kepala BKPSDM, Tim Asesor, dan Peserta Selter JPTP. (Foto: Kiki Welvart)
Wakil Bupati Sumba Tengah Ir. Daniel Landa berpose dengan Sekretaris Daerah, Kepala BKPSDM, Tim Asesor, dan Peserta Selter JPTP. (Foto: Kiki Welvart)

WAIBAKUL, suluhdesa.com | Assessement Center BKD Provinsi NTT kembali dipercayakan untuk melaksanakan kegiatan penilaian kompetensi manajerial dan sosial kultural pada kegiatan Seleksi Terbuka (Selter) Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah.

Kegiatan Selter dibuka oleh Wakil Bupati Sumba Tengah Ir. Daniel Landa. Landa dalam arahan kembali menegaskan bahwa kegiatan Selter merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh pemerintah daerah Kabupaten Sumba Tengah dalam rangka menyelengarakan serta menciptakan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berkualitas dalam bidang tugasnya, serta menindak lanjuti UU No. 5/2014 tentang ASN.

Wabup Landa tekankan tujuan dari seleksi terbuka JPTP dilakukan secara transparan, obyektif, kompetitif dan akuntabel berdasarkan komptensi yang dibutuhkan guna memajukan daerah dan masyarakat Sumba Tengah.

Peserta sedang mengikuti sesi simulasi Analisis Kasus/In Bakset berbasis CAT (Foto: Kiki Welvrat)
Lanjutnya, niat tulus untuk membangun darah dan masyarakat Sumba Tengah tidak cukup, dibutuhkan pemimpin yang memiliki kecerdasan, kreativitas dan inovasi.

“Modal niat dan hati yang tulus saja tidak cukup untuk membangun Kabupaten Sumba Tengah, saudara-saudara harus memiliki kecerdasan, kreatiftas dan inovasi sehingga saudara-saudara dapat bersaing dalam era globalisasi sehingga tidak terseret dalam arus perkembangan zaman yang semakin pesat dan saudara-saudara adalah orang-orang pilihan, terpercaya dan diyakini mampu mengemban tugas dengan baik,” tegas Landa.

Adapun jabatan yang dilelang yakni Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan serta Sekretaris DPRD. Sebanyak 11 orang yang telah dinyatakan lolos seleksi untuk meningikuti tahapan seleksi tahap penilaian kompetensi manajerial dan sosial kultural.

Pada tahap ini, BKPSDM Kabupaten Sumba Tengah melibatkan Tim Asesor dari Assessment Center Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur, yang terdiri-dari Krisantus O.P.N. Metboki, S.Fil (Pejabat Pengawas), Lusius Aman, S.Fil, M.Hum (Administrator/Asesor), Gergorius Babo, S.Kom (Asesor), Mikael Unun Fernandez Akoli, S.Fil (Asesor), Stephanus Kewaama Ruron, M.Psi, Psikolog (Asesor), dan Risky Aswin Welvart, S.Kom (Adminlap).

Adapun metode penilaian yang digunakan adalah metode Assessment Center kategori sedang, menggunakan simulasi In Basket dan Leaderless Group Disscussion (LDG), serta wawancara kompetensi. 

Kegiatan pengambilan selama 2 hari, dari tanggal 19-20 September, selanjutnya 3 hari berikutnya tahapan Assessor Meeting dan penyusunan laporan penilaian kompetensi manajerial dan sosial kultural.

Untuk sesi simulasi Analiss Kasus (Problem Solving),  Assessment Center BKD Provinsi NTT dilaskanakan berbasis CAT, sedangkan LDG dan Wawancara dilaksanakan secara luring.

Halaman:

Editor: Giorgio Babo Moggi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Korem 161/WS Hadir Memberikan Solusi Terbaik di NTT

Kamis, 24 November 2022 | 06:39 WIB

Jenazah Sekda NTT akan Diberangkatkan ke Sumba

Senin, 3 Oktober 2022 | 17:43 WIB

DPD Partai Demokrat NTT Tolak Kenaikan BBM

Senin, 5 September 2022 | 16:20 WIB
X