• Selasa, 31 Januari 2023

Virus ASF Muncul Kembali Serang Puluhan Ekor Ternak Babi Milik Warga di Flotim

- Rabu, 18 Januari 2023 | 21:50 WIB
Ilustrasi ternak babi milik warga. (Foto: Pixabay.com)
Ilustrasi ternak babi milik warga. (Foto: Pixabay.com)

FLOTIM, suluhdesa.com | Virus African Swine Fever (ASF) kembali menyerang ribuan ternak babi milik warga Kabupaten Flores Timur (Flotim). Sejak Desember 2022 hingga awal tahun 2023 ada 20 ekor babi di Flotim yang mati akibat virus ini.

Hal ini diungkapkan Penjabat Bupati Flores Timur, Doris Rihi yang dikonfirmasi melalui Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Flores Timur Sebast Sina Kleden, Senin (16/01/2023) malam oleh Victorynews.id.

Kleden menduga virus ASF masuk melalui anak babi bantuan yang diberikan pemerintah pusat melalui balai pembibitan di Makassar, Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Pilot Anton Gobay Beli Senjata untuk Bisnis dan Dukung Papua Merdeka

Bantuan anak babi dari pemerintah pusat sebanyak 50 ekor itu diduga kuat sebagai penyebab kembalinya virus ASF di Kabupaten Flotim.

 

Kleden menyampaikan bahwa, awalnya 50 ekor babi bantuan dari pemerintah pusat itu diperiksa pihaknya di balai karantina hewan bebas virus ASF.

"Akan tetapi setelah beberapa ekor mati dan kami kirim sample darah ke laboratorium di Bali untuk diperiksa ternyata positif ASF," kata Kleden.

Pemerintah Kabupaten Flotim sedang memperketat pengawasan lalulintas ternak dari dan ke Flores Timur.

"Kami memberikan imbauan kepada masyarakat untuk memperkuat bio security terhadap para anak babi yang sedang dipelihara. Kami juga membunuh beberapa ekor babi yang sudah sakit-sakit dan positif supaya mencegah penularan kepada babi lain, sedangkan yang sehat kita kasih vitamin," jelasnya.

Halaman:

Editor: Frids Wawo Lado

Tags

Terkini

X