• Selasa, 31 Januari 2023

Kepala SD di Kabupaten TTU Diduga Gelapkan Dana BOS Untuk Keperluan Pribadi, Guru Honor Tidak Dibayar

- Selasa, 24 Januari 2023 | 20:20 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi.

KEFAMENANU, suluhdesa.com | Seorang Kepala SDN Kecil Inggureo di Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur, bernama Edmundus Monemnasi diduga menggelapkan Dana BOS Tahun 2022. Penggelapan itu dilakukan melalui sejumlah kegiatan atau pengadaan barang dan jasa.

Informasi yang berhasil dihimpun matalineindonesia.com, bahwa pada Tahun Ajaran 2022, Tahap III SDN Kecil Inggureo melakukan sejumlah kegiatan yang direncanakan oleh manajemen sekolah melalui bendahara sekolah.

 

Melansir matalineindonesia.com, pada kegiatan pengadaan itu seperti, bantalan cap kecil, tinta stempel, amplop besar, kertas HVS 70 gram, stapler, cartridge Canon, fotokopi soal ujian dengan nilai RP 109.386, snack harian guru, pemasangan tiang bendera tidak dibayar, biaya transportasi les tambahan siswa, pembelian pulsa internet, paku tendes, bonafide, alat volly dan sepak bola.

Baca Juga: Sadis, Wanita Paruh Baya di Papua Dibakar Hidup-hidup Karena Dicurigai Sebagai Penculik Anak

Seorang narasumber yang namanya tidak disebutkan kepada wartawan mengatakan, saat pencairan Dana BOS, Kepsek ini meminta uang RP 13 juta lebih dari bendahara untuk keperluan pribadi.

"Setelah itu sekitar 2 minggu kemudian kepsek minta lagi 1 juta lebih di bendahara. Lalu ada satu guru yang tidak dibayar honornya hingga saat ini," ungkap sumber itu.

Menurut sumber itu, dalam pengelolaan, seharusnya Dana BOS dikelola bersama antara tim manajemen BOS sekolah dengan dewan guru dan komite. Namun dalam pelaksanaannya Edmundus sendiri sebagai kepsek yang mengelola.

Sumber itu mengemukakan bahwa sang kepsek ini tidak pernah transparan selama mengelola Dana BOS sebagaimana ditentukan dalam juknis.

"Penggunaan Dana BOS di sekolah harus didasarkan pada kesepakatan dan keputusan bersama antara tim manajemen BOS sekolah, dewan guru dan komite sekolah yang dibuat secara tertulis dalam bentuk berita acara dan ditandatangani oleh seluruh peserta rapat," tegasnya.

Halaman:

Editor: Frids Wawo Lado

Tags

Terkini

X