• Selasa, 26 September 2023

4 Kota Ini Menetapkan Bunda Maria Sebagai Pelindung Setelah Melewati Pengalaman Iman Yang Menakjubkan

- Jumat, 24 Maret 2023 | 14:30 WIB
Lourdes (nazarettoour.co.id)
Lourdes (nazarettoour.co.id)

TOLERANSI, suluhdesa.com | Banyak kota di seluruh dunia yang menjadikan Bunda Maria sebagai pelindung, yaitu Lourdes, Fatima dan Manila.

  1. Lourdes, Prancis

    Kota ini menjadi terkenal karena adanya penampakan Bunda Maria kepada Santa Bernadette Soubirous pada tahun 1858. Sejak itu, Lourdes menjadi tujuan ziarah umat Katolik dan Bunda Maria dijadikan pelindung kota ini.

    Kisah penampakan di Lourdes, Prancis dimulai pada tanggal 11 Februari 1858 ketika seorang gadis bernama Bernadette Soubirous berusia 14 tahun sedang mencari kayu bakar di dekat gua dekat kota kecil Lourdes.

    Saat sedang mengumpulkan kayu bakar, Bernadette mendengar suara angin yang keras, lalu melihat cahaya yang indah dan merasakan kehangatan.

    Ketika ia menoleh ke arah gua, ia melihat seorang wanita yang indah dan bercahaya yang mengenakan gaun putih dan memegang sebuah rosario.

    Wanita itu meminta Bernadette untuk datang ke gua selama 15 hari berturut-turut, yang kemudian dikenal sebagai penampakan Bunda Maria di Lourdes.

    Bernadette menuruti permintaan wanita itu dan pergi ke gua selama 15 hari berturut-turut. Setiap kali ia tiba di gua, wanita itu muncul dan meminta Bernadette untuk berdoa dan melakukan tindakan-tindakan kebajikan.

    Pada kunjungan yang keempat, wanita itu meminta Bernadette untuk menggali sebuah lubang dan minum air yang keluar dari sumber yang ada di gua tersebut.

    Setelah Bernadette menggali lubang, air yang keluar dari sumber itu menjadi jernih dan menyembuhkan beberapa orang yang sakit.

    Berita tentang penampakan tersebut menyebar cepat dan semakin banyak orang datang ke gua untuk melihat apa yang terjadi.

    Sejumlah mukjizat penyembuhan dan keajaiban pun terjadi di Lourdes, membuat gua tersebut menjadi tujuan ziarah umat Katolik dari seluruh dunia.

    Pada tahun 1862, Uskup Tarbes mengakui kebenaran penampakan Bunda Maria di Lourdes dan mengizinkan pembangunan sebuah basilika di atas gua tersebut.

    Hingga saat ini, Lourdes tetap menjadi salah satu tujuan ziarah umat Katolik terbesar di dunia, dan penampakan Bunda Maria di Lourdes tetap menjadi salah satu peristiwa yang paling penting dalam sejarah Gereja Katolik.

  2. Fatima, Portugal

Halaman:

Editor: Giorgio Babo Moggi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X